Jumat, 15 Januari 2016

SEJARAH KERTAS

 Haii teman-temann..

Sebelum menampilkan kerajinan tangan dari kertas, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana kertas itu bisa muncul ( SEJARAH KERTAS )

Yuuuk, disimak ya...:)  

Kertas ditemukan oleh Ts’ai Lun oleh 105 AD selama Dinasti Han dan menyebar kebarat melalui Jalan SutraPapermaking dan manufaktur. di Eropa dimulai di Semenanjung Iberia, saat ini Portugal dan Spanyol dan Sisilia. di abad ke-10 kaum Muslim yang tinggal di sana pada waktu itu, perlahan menyebar ke ItaliaPerancis Selatan mencapai Jerman oleh 1400.

Di Eropa abad pertengahan, yang sampai saat kerajinan pembuatan kertas adalah mekanik dengan menggunakan waterpower, yang pabrik kertas air pertama di Semenanjung Iberia yang telah dibangun di kota Portugis Leiria di 1411, dan proses lainnya. Ekspansi yang cepat produksi kertas Eropa itu benar-benar ditingkatkan dengan penemuan mesin cetak dan awal Revolusi Percetakan di abad ke-15. 

Kata “kertas” etimologis berasal dari papyrosYunani Kuno untuk papirus Tanaman CyperusPapirus adalah, kertas tebal seperti bahan dihasilkan dari empulur dari papirus Cyperus tanaman yang digunakan di Mesir kuno dan lainnya budaya Mediterania untuk menulis, sebelum pembuatan kertas di Cina. Papyrus adalah laminasi “tanaman alami, sementara kertas dibuat dari serat yang sifat telah diubah oleh maserasi atau disintegrasi.

Awal pembuatan kertas di Cina

Pembuatan kertas secara tradisional telah dilacak ke Cina sekitar 105 Masehi, ketika Cai Lun, pejabat dipengadilan Imperial selama Dinasti Han (202 SM-220 M), menciptakan selembar kertas menggunakan murbei dan lainnya Serat Bast bersama dengan fishnets, kain tua dan limbah rami, meskipun bagian awal kertas ditemukan, di Fangmatan di provinsi Gansu bertuliskan peta, tanggal 179-41 SM.

  • Hemp kertas pembungkus, Cina, sekitar tahun 100 SM

Teknik

Selama Shang (1600-1050 SM), dan Zhou (1050 SM – 256 M) dinasti Cina kuno, dokumen yang biasanya ditulis pada tulang atau bambu (pada tablet atau potongan bambu dijahit dan berguling bersama-sama ke gulungan), membuat mereka sangat berat. Bahan cahaya sutra kadang-kadang digunakan, tetapi biasanya terlalu mahal untuk dipertimbangkan.

Sementara kerajaan resmi Cina Dinasti HanCai Lun secara luas dianggap telah menemukan metode modern pembuatan kertas (terinspirasi dari tawon dan lebah) dari kain dan serat tanaman lainnya di 105 CE. penemuan spesimen bertulis karakter Cina pada tahun 2006 diutara. China timur Gansu provinsi menunjukkan kertas yang telah digunakan oleh militer Cina kuno lebih dari 100 tahun sebelum Cai, 8 SM. Oleh karena itu akan muncul bahwa “kontribusi Cai Lun adalah untuk meningkatkan keterampilan ini secara sistematis dan ilmiah, memperbaiki resep untuk pembuatan kertas”. 

Catatan dalam sejarah standar mengatakan:
Pada zaman kuno tulisan dan prasasti yang umumnya terbuat dari bambu pada tablet atau potongan sutra yang disebut chih. Tapi sutra yang mahal dan bambu berat mereka tidak nyaman untuk digunakan. Tshai Lun kemudian memprakarsai gagasan untuk membuat kertas dari kulit pohon, sisa-sisa dari rami, kain kain dan jaring ikan. Dia mengajukan proses untuk kaisar pada tahun pertama Yuan-Hsing [105] dan menerima pujian untuk kemampuannya. Dari saat ini, kertas telah digunakan di mana-mana dan universal disebut kertas Tshai Marquis.

Pembuatan mungkin berasal dari praktek berdebar dan mengaduk kain dalam air, setelah itu serat kusut dikumpulkan di atas tikar. Kulit Paper Mulberry terutama dihargai dan kertas berkualitas tinggi dikembangkan pada periode akhir Han, yang menggunakan kulit yang darikayu. Dalam Jin Timur periode kertas mulai dibuat pada cetakan layar-baik bambu, dengan pewarna insektisida untuk permanen. Setelah pencetakan menjadi populer di dinasti Song permintaan tumbuh lebih. Kertas sering digunakan sebagai retribusi, dengan satu prefektur mengirimkan beberapa 1.5m lembar kertas ke ibukota sebagai upeti hingga tahun 1101.


  • Buku Kertas tertua, 256 AD.

Penggunaan

Penggunaan pertama kertas telah digali di Cina dating ke pemerintahan Kaisar Wu dari Handari abad ke-2 SM, digunakan untuk tujuan perlindungan pembungkus atau padding untuk cermin perunggu halus.  Ini juga digunakan untuk keamanan, seperti padding dari beracun ‘obat’ sebagaimana disebutkan dalam sejarah resmi periode. Meskipun kertas yang digunakan untuk menulis menjadi luas pada abad ke-3,  kertas terus digunakan untuk membungkus (dan lainnya) tujuan. Kertas toilet.

Digunakan di Cina oleh setidaknya abad ke-6  Pada tahun 589 Masehi, sarjana-pejabat Cina Yan Zhitui (531-591 AD) menulis: “Kertas yang terdapat kutipan atau komentar dari Lima Klasik atau nama-namabijak , saya tidak berani menggunakan untuk keperluan toilet “. Sebuah Arab wisatawan ke China pernah menulis tentang tradisi Cina penasaran kertas toilet di AD 851, menulis: “… mereka [Cina] tidak mencuci diri dengan air ketika mereka telah melakukan kebutuhan mereka,. tapi mereka hanya membersihkan diri dengan kertas ” 

Selama Dinasti Tang (618-907 AD) kertas dilipat dan dijahit ke dalam kantong persegi untuk melestarikan rasa teh . Selama periode yang sama, itu ditulis bahwa teh disajikan dari keranjang dengan multi-warna cangkir kertas dan kertas serbet ukuran dan bentuk yang berbeda. Selama Cina Dinasti Song (960-1279 M) tidak hanya pemerintah menghasilkan pertama di dunia yang dikenal kertas cetak uang, atau uang kertas ( lihat Jiaozi dan Huizi ), tapi uang kertas diberikan sebagai hadiah kepada pejabat pemerintah yang layak dibungkus kertas khusus amplop


  • Buku awal dunia dicetak dikenal (menggunakan pencetakan woodblock ), dengan Sutra Intan dari 868 CE, menunjukkan ketersediaan luas dan kepraktisan kertas di Cina.

Difusi kertas

Kertas menyebar perlahan-lahan di luar China, lain Asia Timur budaya, bahkan setelah melihat kertas, tidak bisa membuatnya sendiri. Instruksi dalam proses manufaktur yang diperlukan, dan Cina enggan untuk berbagi rahasia mereka. Kertas tipis dan tembus, tidak seperti kertas Barat modern, dan dengan demikian hanya tertulis di satu sisi. Teknologi ditransfer ke Jepang dari China oleh pendeta Buddha, sekitar 610, di mana serat (disebut bast ) dari murbei pohon yang digunakan.

Dunia Islam

Setelah kekalahan Cina dalam Pertempuran Talas pada 751 (hari ini Kyrgyzstan ), penemuan ini menyebar ke Timur Tengah. Legenda pergi,  rahasia pembuatan kertas diperoleh dari dua Cina tahanan dari Pertempuran Talas, yang menyebabkan pertamapabrik kertas di dunia Islam yang didirikan di Samarkand .

Proses melelahkan pembuatan kertas halus dan mesin dirancang untuk pembuatan massal kertas. Produksi dimulai pada Baghdad , di mana metode diciptakan untuk membuat selembar kertas tebal, yang membantu mengubah pembuatan kertas dari seni menjadi industri besar. Penggunaan bertenaga air pabrik pulp untuk menyiapkan bubur bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas, tanggal kembali ke Samarkand pada abad ke-8, meskipun ini tidak harus bingung dengan pabrik kertas (lihat Paper pabrik bagian bawah). Kaum Muslim juga memperkenalkan penggunaan palu perjalanan (manusia-atau binatang-bertenaga) dalam produksi kertas, menggantikan tradisional Cina mortir dan alu metode. Pada gilirannya, metode palu perjalanan kemudian dipekerjakan oleh orang Cina.

Pada abad ke-9, orang Arab menggunakan kertas teratur, meskipun untuk karya-karya penting seperti salinan dihormati Qur’an vellummasih disukai. Kemajuan buku produksi dan penjilidan buku diperkenalkan. Orang-orang Arab membuat buku ringan yang dijahit dengan sutra dan terikat dengan kulit yang tertutup papan pasta, mereka memiliki flap yang dibungkus buku ketika tidak digunakan. Seperti kertas kurang reaktif terhadap kelembaban, papan berat yang tidak diperlukan. Pada abad ke-12 di Marrakesh diMaroko jalan bernama “Kutubiyyin” atau penjual buku yang berisi lebih dari 100 toko buku. 

Penggunaan tercatat paling awal dari kertas untuk kemasan tanggal kembali ke 1035, ketika Persia wisatawan mengunjungi pasar diKairo mencatat bahwa sayuran, rempah-rempah dan perangkat keras yang dibungkus kertas untuk pelanggan setelah mereka dijual.

Sejak Perang Salib Pertama tahun 1096, pembuatan kertas di Damaskus telah terganggu oleh perang, produksi membelah menjadi dua pusat. Mesir dilanjutkan dengan kertas tebal, sementara Iran menjadi pusat dari makalah tipis. Pembuatan kertas menyebar di seluruh dunia Islam, dari mana itu barat lanjut menyebar ke Eropa .  pembuatan Kertas diperkenalkan ke India pada abad ke-13 oleh pedagang Arab, di mana hampir seluruhnya diganti bahan penulisan tradisional.

Amerika

Di Amerika , bukti arkeologi menunjukkan bahwa bahan kulit-kertas tulisan yang sama juga digunakan oleh bangsa Maya selambat-lambatnya pada abad ke-5.  Disebut amatl , itu digunakan secara luas di kalangan Mesoamerika budaya sampai penaklukan Spanyol . Perkamen dibuat dengan merebus dan berdebar kulit bagian dalam pohon, sampai material menjadi cocok untuk seni dan menulis. Bahan-bahan yang terbuat dari alang-alang ditumbuk dan kulit adalah kertas teknis tidak benar, yang terbuat dari bubur, kain, dan serat tanaman dan selulosa.,

Eropa

Dokumen kertas tertua yang dikenal di Barat adalah Mozarab Misa Silos dari abad ke-11, mungkin menggunakan kertas yang dibuat di bagian Islam dari Semenanjung Iberia . Mereka menggunakan ganja dan linen kain sebagai sumber serat. Yang pertama yang tercatat pabrik kertas di Semenanjung Iberia berada di Xàtiva pada 1151.

Kertas dicatat sebagai yang diproduksi di Italia tahun 1276 dengan watermark yang digunakan di Fabriano oleh 1300 dan pabrik didirikan di Treviso dan kota-kota utara lainnya oleh 1340. Di Italia juga cetakan kertas yang terdiri dari kawat logam dan sehubungan dengan itu juga watermark pertama kali diperkenalkan. Awal Jermanmanufaktur berada di Mainz pada 1320 dengan sebuah pabrik di Nurenberg yang didirikan oleh Ulman Stromer pada 1390.

Hanya tentang waktu ketika ukiran kayu seni grafis teknik dipindahkan dari kain untuk kertas di cetak master tua dancetakan populer . Pabrik pertama yang diketahui di Inggris didirikan oleh John Tate di 1490 dekat Stevenage di Hertfordshire , tapi sukses secara komersial pertama pabrik kertas di Inggris tidak terjadi sebelum 1588 ketika John Spilman mendirikan pabrik dekat Dartford di Kent dan awalnya bergantung pada keahlian pembuatan kertas Jerman. 

Pabrik Kertas

Sebuah pabrik kertas adalah pabrik bertenaga air yang pound pulp dengan menggunakan perjalanan-palu. Mekanisasi proses berdebar merupakan perbaikan penting dalam pembuatan kertas selama manual berdebar dengan alu tangan .

Sementara penggunaan pabrik bertenaga manusia dan hewan diketahui Tionghoa dan Muslim papermakers , bukti bertenaga air pabrik kertas sulit dipahami dalam keduanya.Ketiadaan umum penggunaan air-listrik dalam pembuatan kertas Muslim disarankan oleh kebiasaan penulis Muslim untuk memanggil pusat produksi bukan “pabrik”, tetapi “kertas pabrik”. 

  • kertas pabrik Nuremberg  kompleks bangunan di sudut kanan bawah, tahun 1493. Karena suara dan bau, papermills diwajibkan oleh hukum abad pertengahan yang akan didirikan di luar perimeter kota.

Donald Bukit telah mengidentifikasi referensi mungkin untuk air bertenaga pabrik kertas di Samarkand, dalam karya abad ke-11 dari Persia sarjana Abu Rayhan Biruni , tetapi menyimpulkan bahwa bagian itu adalah “terlalu singkat untuk memungkinkan kita untuk mengatakan dengan pasti” bahwa mengacu pada pabrik kertas bertenaga air. Sementara ini dilihat oleh Halevi tetap sebagai bukti waterpower memanfaatkan Samarkand pertama dalam produksi kertas, ia mengakui bahwa hal itu tidak diketahui apakah waterpower diterapkan untuk pembuatan kertas di tempat lain di seluruh dunia Islam pada saat itu, . Luka bakar tetap sama sekali skeptis mengingat kejadian yang terisolasi dari referensi dan prevalensi kerja manual dalam pembuatan kertas Islam di tempat lain 

Bukti awal tertentu ke pabrik kertas bertenaga air tanggal perjalanan untuk 1.282 di Spanyol Kerajaan Aragon.  Sebuah keputusan oleh Christian Raja Peter III membahas pembentukan kerajaan ” molendinum “, pabrik hidrolik yang tepat, di koran manufaktur pusatXàtiva.  Inovasi mahkota tampaknya dibenci oleh masyarakat setempat papermakering Muslim, dokumen menjamin subyek Muslim hak untuk melanjutkan cara mereka pembuatan kertas tradisional dengan mengalahkan pulp secara manual dan memberikan mereka hak untuk dikecualikan . dari pekerjaan di pabrik baru [ 1 ] pusat pembuatan kertas mulai berkembang biak di akhir abad ke-13 di Italia, mengurangi harga kertas untuk seperenam dari perkamen dan kemudian jatuh lebih lanjut,. pusat pembuatan kertas mencapai Jerman abad kemudian.

Pabrik kertas pertama utara dari pegunungan Alpen didirikan di Nuremberg oleh Ulman Stromer di 1390, ia kemudian digambarkan dalam boros diilustrasikan Chronicle Nuremberg Dari pertengahan abad ke-14 dan seterusnya, penggilingan kertas Eropa mengalami peningkatan yang cepat dari pekerjaan banyak proses.

Sumber Serat

Sebelum industrialisasi produksi kertas sumber serat yang paling umum adalah serat daur ulang dari tekstil yang digunakan, disebut kain. Para kain itu dari rami , linen dan katun .  Sebuah proses untuk menghilangkan tinta cetak dari kertas daur ulang diciptakan oleh ahli hukum Jerman Justus Claproth tahun 1774.  Hari ini metode ini disebut deinking . Itu tidak sampai diperkenalkannya bubur kayu pada tahun 1843 bahwa produksi kertas itu tidak tergantung pada bahan daur ulang.

kemajuan abad ke-19 dalam pembuatan kertas

Meskipun lebih murah daripada vellum, kertas tetap mahal, setidaknya dalam buku berukuran kuantitas, selama berabad-abad, sampai munculnya uap-driven pembuatan kertas mesin di abad ke-19, yang bisa membuat kertas dengan serat dari bubur kayu . Walaupun mesin tua mendahului itu, Fourdrinier kertas membuat mesin menjadi dasar untuk pembuatan kertas paling modern. Nicholas Louis Robert dari Essonnes , Perancis , diberi paten untuk membuat mesin kertas kontinyu pada tahun 1799. Pada saat ia bekerja untukLeger Didot dengan siapa ia bertengkar atas kepemilikan penemuan.

Didot dikirim saudaranya iparnya, John Gamble, untuk memenuhi Sealy dan Henry Fourdrinier , alat-alat tulis dari London , yang setuju untuk membiayai proyek tersebut. Gamble diberikan British paten2.487 pada tanggal 20 Oktober 1801. Dengan bantuan khususnya Bryan Donkin , seorang mekanik terampil dan cerdik, sebuah versi perbaikan yang asli Robert telah dipasang di Frogmore, Hertfordshire , pada tahun 1803, diikuti oleh yang lain pada 1804. Sebuah mesin ketiga dipasang di pabrik sendiri Fourdriniers ‘di Dua Waters . Para Fourdriniers juga membeli sebuah pabrik di St Neots berniat untuk menginstal dua mesin di sana dan proses dan mesin terus berkembang.

Namun, percobaan dengan kayu tidak menunjukkan hasil yang nyata di akhir abad ke-18 dan pada awal abad ke-19-. Pada 1800,Matthias Koops (di London, Inggris) diselidiki lebih lanjut ide menggunakan kayu untuk membuat kertas, dan pada tahun 1801 ia menulis dan menerbitkan sebuah buku berjudul akun Sejarah zat yang telah digunakan untuk menggambarkan kejadian, dan untuk menyampaikan ide-ide, dari tanggal awal, dengan penemuan kertas. Bukunya dicetak di atas kertas yang terbuat dari serutan kayu (dan ditaati bersama-sama). Tidak ada halaman yang dibuat menggunakan metode pembuatan pulp (baik dari kain atau kayu).Dia menerima dukungan keuangan dari keluarga kerajaan untuk membuat mesin cetak dan memperoleh bahan dan infrastruktur perlu memulai bisnis percetakannya. Tapi usahanya itu berumur pendek. Hanya beberapa tahun setelah bukunya pertama dan hanya dicetak (yang ia menulis dan dicetak), ia bangkrut. Buku ini sangat baik dilakukan (kuat dan memiliki penampilan yang baik), tapi itu sangat mahal. 


Semoga bermanfaat:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar